Web Browser
Sejarah Web Browser
Web Browser pertama kali adalah WorldWideWeb yang dibuat oleh Tim Benners-Lee, yang akhir nya diubah menjadi nexus. Kemudian tahun 1993, Marc Andressen melakukan inovasi web browser dengan menciptakan Mosaic yang saat ini banyak orang-orang menyebutnya dengan Netspace. Hal ini membuat sistem internet menjadi sangat mudah dipergunakan dan gampang untuk diakses orang banyak. Dan pada waktu itu sekitar tahun 1994, Netspace telah menjadi browser yang banyak dipergunakan didunia karena menguasai 90% dari seluruh pengguna web broser didunia.
Pengertian Web Browser
Secara umum web browser adalah suatu aplikasi atau perangkat yang digunakan untuk mempelajari atau mencari informasi didalam jaringan internet dari sebuah media (situs, blog, jejaring sosial, dan lainnya) yang tersimpan didalam komputer seperti Firefox, Chrome, Safari, Opera dan yang lainnya.
Pengertian Web Browser Menurut Wikipedia
Pengertian web browser menurut Wikipedia adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada didalam jaringan internet (world wide web). Sumber-sumber informasi yang dimaksud itu terdiri dari berbagai macam bentuk seperti misalnya berupa halaman situs, gambar, video, infografis, konten, dan yang lainnya. 
 Beberapa contoh Web Browser:
Mozilla Firefox
Dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
(+) Kelebihan:
* Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user
* Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia
* Updatenya mudah
* Sistem security kuat
(-) Kekurangan:
* Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall.
Safari
Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3
Kelebihan : lebih cepat,tampilan browser simple.
Kekurangan : tidak ada plug in pada versi windows.


Google Chrome
Mulai diliris 2 September 2008 kemarin, review tentang browser ini telah banyak diposting, dan berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Google Chrome sejauh ini :
Kelebihan Google Chrome:
1. Kemampuan browsing yang cepat (ada yang mengatakan lebih cepat dari Windows Explorer). Meskipun tidak berbeda dengan kecepatan Firefox, bahkan bisa bersaing.
2. Otomatis membookmark semua situs yang pernah dibuka selain histori, halaman yang sering dikunjungi, dll. Sehingga bagi orang tua yang punya akses internet di rumah dapat dengan mudah memantau anak-anaknya, ini tentu bermanfaat
3. Browser addressnya yang sekaligus berfungsi sebagai search engine, tentu ini merupakan fitur yang praktis dan istimewa.
Disamping kelebihan di atas, ada lagi beberapa fitur Google Chrome, yakni:
- Mendukung flash dan java (terintegrasi)
- Penggunaan memori tab yang terpisah.
- Mendukung Bahasa Indonesia.
- Auto-complete address input (Omnibar).
Untuk saat ini hanya itu saja kelebihan Google Chrome.
Kekurangan Google Chrome:
1. Masih versi Beta.
2. Masih banyak security holenya (maklum, versi Beta), sehingga tidak disarankan untuk digunakan bertransaksi keuangan. Meskipun Google sendiri mengklaim bahwa Chrome ini akan mencegah penyebaran virus dan serangan lain, termasuk pencurian data diri.
2. Penggunaannya masih terbatas pada Windows XP dan Vista.
3. Makin banyak tab dibuka, maka akan membutuhkan lebih banyak memori untuk browsing.
Opera
Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.
Kelebihan dan Kekurangan Opera
(+) Kelebihan:
* Ringan
* Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
* Pemanggilan kembali Cache cepat
(-) Kekurangan:
* Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
* Untuk mengupdatenya harus mendownload kembali file masternya
Manfaat dan kegunaan Web Browser :
1.Mempermudah mencari Informasi baik pendidikan maupun non pendidikan.
2.mempermudah mendapatkan situs-situs yang kita cari.
3.Dapat membuat akun sepert(Twiter,Blog, Facebook dan lain-lain).
4.Dapat mengakses Informasi  yang dicari.
5.Dapat menyimpan file melalui web browser.
6.Kita bisa menggunakan mesin pencari atau search engine.
Fungsi-Fungsi Web Browser:
 Adapun beberapa fungsi dari penggunaan web browser:
1. Caching
2. Authentication
3. State High Maintenance
4. Requesting Supporting Data Item
5. Taking Action in Responses to Other Header and Status Code
6. Rendering Complex Object
7. Dealing With Error Condition


Komentar